Kemenag lakukan manasik haji di Minahasa Tenggara.
Sumber :
  • Antara

Maksimalkan Persiapan Jemaah Calon Haji, Kemenag Gelar Manasik Haji di Minahasa Tenggara

Kamis, 9 Mei 2024 - 15:10 WIB

Manado, tvOnenews.com - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan manasik haji bagi jemaah calon haji di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut).

"Manasik haji merupakan kegiatan penting bagi jamaah haji yang bertujuan untuk mempersiapkan diri secara maksimal sebelum menjalani ibadah haji secara fisik," kata Kepala Seksi Pendidikan dan Bimas Islam Kemenag Minahasa Tenggara, Hj Deyske R Sangia, di Ratahan, Selasa (7/5/2024).

Dia mengatakan materi yang disampaikan dalam acara ini meliputi rukun dan wajib haji, umroh, dan pemahaman tata cara serta syarat-syarat sahnya ibadah haji dan umroh.

"Para peserta juga dibekali dengan pembelajaran doa-doa yang harus dibaca dan diamalkan selama menjalankan ibadah haji, termasuk doa saat ihram, tawaf, sa'i, wukuf, dan berbagai doa lainnya," jelasnya.

Melalui simulasi ritual, peserta diajak untuk mempraktikkan pelaksanaan ritus-ritus haji seperti tawaf, sa'i, wukuf di Arafah, lempar jumrah, dan lainnya.

Tidak hanya itu, katanya, peserta juga diberikan pengetahuan tentang lokasi-lokasi penting di Makkah dan sekitarnya, serta persiapan fisik dan mental yang diperlukan untuk menunaikan ibadah haji dengan baik.

Selama kegiatan, terdapat juga sesi penyampaian pengalaman dari peserta yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji sebelumnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
01:43
03:04
02:10
03:23
06:38
Viral