Penanaman 1050 Bibit Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Kelurahan Gambesi, Turut Hadir Walikota Ternate, M Tauhid Soleman, TNI/Polri Dan Instansi Lainnya.
Sumber :
  • Tim Tvone-Ikbal Hamzah

Cegah Abrasi di Bibir Pantai Basarnas Ternate Tanam 1050 Pohon Mangrove

Jumat, 4 Februari 2022 - 13:45 WIB

Ternate, Maluku Utara - Sebanyak 1050 pohon mangrove ditanam di pesisir pantai Kelurahan Gambesi, Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (04/02/2022). Penanaman anakan pohon mangrove ini, bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi dan menghambat ombak di bibir pantai. Kepala Basarnas Ternate, M Arafah, mengatakan dalam rangka memperingati HUT ke 50, Basarnas Emas, dilaksanakan kegiatan sosial untuk seluruh Kantor SAR se Indonesia.

“Dengan menanam 1050 anakan pohon mangrove di Pantai Kelurahan Gambesi, dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, kemudian memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat ekosistem laut," kata Arafah.

Penanaman pohon oleh Basaranas Ternate ini yang sekaligus dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) emas ke 50 basarnas secara serentak di Indonesia, dihadiri langsung Walikota Ternate, M.Tauhid Soleman, perwakilan dari TNI/Polri serta intansi lainnya.

Setelah penanaman, pihak basarnas akan melakukan koordinasi dengan pemiliki lahan, guna intens melakukan pemantauan dan perawatan yang lebih lanjut.

“Jadi kami sudah komunikasi dengan pemilik lahan, kami akan rutin melaksanakan perawatan dan pemantauan perkembangan bibit anakan mangrove ini,” katanya

Sementara itu, pemerintah kota Ternate menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan penanaman mangrove. Dengan momentum ini dapat menimbulkan kecintaan masyarakat dalam menjaga lingkungan, serta melindungi hutan mangrove yang ada di Kota Ternate.

“Kegiatan penanaman mangrove, dapat memberikan kesadaran pada kita semua bahwa pentingnya menjaga ekosistem wilayah pesisir demi masa depan yang akan datang. Mari bersama kita bersinergi, saling bahu membahu, menjaga kelestarian hutan mangrove demi menjaga lingkungan dan mampu membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat, desa dan lingkungan di sekitarnya," ujar  Walikota Ternate, M Tauhid Soleman. (Iqbal Hamzah/Ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:09
03:18
02:21
03:11
02:06
Viral