Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara berstatus siaga.
Sumber :
  • Ikbal arsyad

Aktifitas Meningkat, Gunung Ibu Naik Level III Siaga

Jumat, 10 Mei 2024 - 11:13 WIB

Halmahera Barat, tvOnenews.com - Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, kini statusnya naik menjadi level III siaga, setalah aktivitas nya terus meningkat, dari pemantauan secara visual, Gunung Ibu masih terus menunjukkan peningkatan aktivitas hingga Kamis (9/5/2024).

Adanya erupsi mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Ibu Utara, terkena dampak abu dari erupsi gunung tersebut, seperti Desa Pasa Lulu, Desa Togoreba Tua, Desa Togoreba Sungi, Desa Sangaji Heku, Desa Toli Saor, dan Desa Tiga Sekawan.

“Gunung Ibu saat ini aktivitasnya masih tinggi dengan ditandainya banyak gempa-gempa permukaan yang terekam. Indikasinya ada pergerakan magma dari dalam ke permukaan sehingga didominasi gempa-gempa letusan yang ditandai pelepasan energi,” ujar Petugas pengamatan Gunung Ibu, Axl Roeroe. 

Axl, mengatakan letusan terjadi sejak 28 April 2024 dengan ketinggian kolong abu mencapai 3,5 kilometer dari puncak gunung. Dengan aktivitas yang masih terus terjadi, status Gunung Ibu akhirnya dinaikkan statusnya menjadi siaga level tiga.  

“Kami mengimbau kepada masyarakat, wisatawan agar tidak beraktivitas pada radius 3 kilometer dari puncak gunung,” jelasnya. (iad/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral