Bendungan Semantok Nganjuk diresmikan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • tim tvone - umar sanusi

Bendungan Semantok Diresmikan Presiden Jokowi, Gubernur Khofifah Optimis akan Tingkatkan Produktivitas Pertanian Jatim

Selasa, 20 Desember 2022 - 17:27 WIB

Nganjuk, Jawa Timur - Bendungan Semantok yang berlokasi di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (20/12).

Peresmian ini di tandai secara simbolis dengan pemutaran kincir mesin air dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara, Menteri PUPR RI, Menteri Sekretaris Negara, Gubernur Khofifah dan Plt. Bupati Nganjuk.

Setelah diresmikan, Gubernur Khofifah optimistis bahwa bendungan ini akan semakin membawa kesejahteraan bagi warga Nganjuk, khususnya bendungan ini akan meningkatkan produktivitas pertanian di Jawa Timur. 

"Kami warga Jawa Timur menyambut bangga kehadiran Bendungan Semantok ini. Kami optimis Bendungan Semantok akan menjadi kekuatan bagi Jatim, sebagai provinsi penghasil padi terbesar di Indonesia," ucap Khofifah. 

Bendungan Semantok memiliki kapasitas tampungan air 32,67 juta m², dengan luas genangan 365 Ha. Bendungan ini akan membawa manfaat sebagai sumber irigasi bagi 1.900 Ha. 

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan bahwa diresmikannya Bendungan Semantok melengkapi keberadaan bendungan lain di Jatim. Sejak 2014-2022, terdapat 8 bendungan yang dibangun di Jatim. 

Delapan bendungan tersebut adalah Bendungan Nipah (Sampang), Bendungan Bajul Mati (Situbondo), Bendungan Tukul (Pacitan), Bendungan Gongseng (Bojonegoro), Bendungan Tugu (Trenggalek), Bendungan Semantok (Nganjuk) dan Bendungan Bagong (Trenggalek) yang masih berlangsung proses pembangunannya. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral