Tim PKM Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa mengajarkan cara membaca huruf Hiraga ke siswa SMP Labschool Unesa 3 Surabaya..
Sumber :
  • Istimewa

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa Beri Pelatihan Membaca Hiragana ke Siswa SMP, Begini Hasilnya

Rabu, 23 November 2022 - 19:51 WIB

Dilatarbelakangi adanya kesulitan siswa dalam membaca huruf Jepang Hiragana yang dialami Siswa SMP Labschool Unesa 3 Surabaya, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa mengadakan Pelatihan Membaca Huruf Hiragana.

Tim yang digawangi oleh Rusmiyati, S.Pd., M.Pd, Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D, Dra. Nise Samudra Sasanti, M.Hum, Amira Agustin K., S.Pd.,M.Pd, dan Masilva Raynox M., S.Pd., M.Pd yakin pelatihan ini dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa Jepang sehingga mereka tertarik untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi khususnya di Universitas Negeri Surabaya Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

Berdasarkan keterangan guru kelas bahasa Jepang di SMP Labschool Unesa 3 Surabaya, kemampuan bahasa Jepang siswa menurun sejak pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun. Kondisi tersebut juga mempengaruhi minat serta motivasi siswa.

Pengajaran bahasa Jepang di SMP Labschool Unesa 3 Surabaya sendiri diterapkan mulai dari kelas 7 (kelas 1 SMP) hingga kelas 8 (kelas 2 SMP) dengan durasi pembelajaran sekali seminggu.

Rusmiyati menyebut dalam belajar bahasa Jepang, penting untuk dapat menguasai empat kemampuan yang disebut “Yon Ginou” yakni meliputi kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. 

"Kemampuan membaca menjadi langkah awal yang penting untuk mempelajari bahasa Jepang," katanya.

Dalam pelatihan ini, siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil. Pelaksaan pelatihan dilakukan sebanyak dua kali yakni di bulan Agustus dan September 2022.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral