banjir bandang terjang Bojonegoro.
Sumber :
  • tim tvone - dewi

Hujan Lebat, Sungai Klampok di Bojonegoro Meluap, Rendam Empat Dusun

Sabtu, 5 November 2022 - 21:12 WIB

Bojonegoro, Jawa Timur – Hujan lebat menjebol brojong tanggul Sungai Klampok. Ratusan rumah warga di Desa Bobol, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, diterjang banjir bandang

Luapan banjir bandang ini berasal dari Sungai Klampok yang tidak bisa menampung debit air dari kawasan hutan yang sudah banyak yang gundul.

Menurut Alit Saksama Prayoga, Camat Sekar saat dikonfirmasi mengatakan, hujan lebat mulai pukul 16.00 WIB terjadi hampir di wilayah sekitar Kecamatan Sekar. Akibatnya bronjong atau gabion di bawah jembatan Sungai Klampok ambrol, sehingga aliran sungai meluap ke permukiman warga di empat dusun.

“Ada 4 dusun yang berada di Desa Bobol yang diterjang banjir bandang, yaitu Dusun Krajan, Dusun Dawe, Dusun Klampok, Dusun Kejuron. Selama bertugas setahun tidak pernah banjir, baru kali ini banjir bandang terjadi di 4 dusun,” ungkap Alit.

Sejumlah rumah ada yang rusak diterjang arus banjir bandang yang berasal dari wilayah dataran tinggi hingga dinding yang terbuat dari papan kayu jebol, Jumat (4/11). 

Ketinggian banjir bandang di empat dusun tersebut mencapai 10 cm hingga 1 meter. Sementara Kepala BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto, mengatakan pihaknya mendatangi lokasi untuk melakukan pendataan dan menyalurkan bantuan logistik berupa sembako 179 paket, terpal 30 buah, matras 20 buah, selimut 90 buah, tambah gizi 49 paket dan 44 paket lauk pauk.

“Banjir sudah surut, warga sudah melakukan pembersihan lumpur di rumah masing-masing secara mandiri,’’ ujar Ardhian. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral