prajurit TNI percepat perbaikan tanggul jebol.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Antisipasi Genangan Air saat Hujan, Prajurit TNI Percepat Perbaikan Tanggul Jebol di Dua Dusun di Gresik

Jumat, 28 Oktober 2022 - 14:09 WIB

Gresik, Jawa Timur - Bencana banjir luapan Kali Lamong yang menerjang wilayah Gresik selatan, masih menyisakan genangan di dua dusun di Desa Cermen, yakni Dusun Cermen dan Medeo, Kecamatan Kedamean, Gresik. 

Untuk meminimalisir air yang menggenang di lokasi pemukiman warga, dan kembali masuknya air ke pemukiman, perbaikan pada titik tanggul yang jebol terus diupayakan oleh pihak penanggulangan bencana Kabupaten Gresik.

Tidak ketinggalan, prajurit TNI dari Kodim 0817 Gresik turut membantu perbaikan sementara titik tanggul yang jebol sepanjang 30 meter. Dengan dukungan satu alat berat berupa ekskavator dari Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Gresik, perbaikan tanggul dilakukan menggunakan bambu, potongan bambu berbentuk anyaman (gedek), serta terpal.

"Pembenahan dilakukan dengan pemasangan batang bambu sebagai tiang, yang ditancapkan dengan menggunakan ekskavator. Kemudian dilapisi gedek serta terpal, untuk melindungi agar urukan tanah tidak gampang jatuh (ambrol terkena air)," ujar Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, Jumat (28/10).

Saleh menjelaskan, upaya yang dilakukan pada titik tanggul tersebut bersifat darurat alias sementara. Terpenting, upaya telah dilakukan dalam perbaikan titik tanggul yang jebol, sekaligus memberikan ketentraman kepada warga dari kecemasan, mengingat curah hujan di lokasi dan daerah sekitar juga masih tinggi.

Selain membantu perbaikan tanggul yang jebol, prajurit TNI yang berada di lokasi juga membantu menyalurkan bantuan sembako untuk warga korban terdampak banjir. Serta turut membantu dalam membersihkan beberapa rumah warga yang sudah tidak lagi terendam banjir, setelah pompa air dari Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Pemukiman Gresik diterjunkan.

"Harapan kami, warga bisa segera beraktivitas secara normal," ucap Saleh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
05:44
Viral