rekrutmen pengawas Pemilu, Bawaslu Banyuwangi buka kuota perempuan.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Rekrutmen Pengawas Pemilu, Bawaslu Banyuwangi Buka Kuota Perempuan Sebanyak 30 Persen Setiap Kecamatan

Rabu, 21 September 2022 - 18:02 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Banyuwangi tahun ini sedikit berbeda. Kaum perempuan diberikan kuota khusus untuk pendaftaran. Tujuannya, memberikan kesempatan kaum hawa untuk aktif dalam memantau pesta politik tahun 2024.

Jatah perempuan ini diberikan sebanyak 30 persen untuk setiap kecamatan. Jika tak memenuhi kuota, rekrutmen akan diperpanjang hingga tujuh hari. 

“Jadi, ini amanat terbaru dari Bawaslu. Ada kuota khusus perempuan untuk rekrutmen Panwascam tahun ini di setiap kecamatan,” kata Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Banyuwangi, Anang Lukman Affandi, Rabu (21/9). 

Rekrutmen Panwascam ini mulai dibuka 21-27 September 2022. Hari pertama pendaftaran, sebanyak 35 orang tercatat mulai mendaftar. Mayoritas didominasi kaum laki-laki. Selain kuota perempuan, rekrutmen Panwascam tahun ini dibuat lebih ketat. Mereka yang lolos administrasi akan mengikuti tes tulis menggunakan computer assisted test (CAT). Mereka yang tak lolos tes CAT ini langsung dinyatakan gugur

“ Kalau tahun lalu, masih bisa lanjut ke tes wawancara. Sekarang sistem gugur,” tegas Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Bawaslu Banyuwangi ini.

Tes CAT ini menggunakan sejumlah materi dasar berkaitan dengan kebangsaan, diantaranya ketatanegaraan, wawasan kebangsaan dan seputar kelembagaan pemilu. Mereka yang lolos CAT dilanjutkan dengan tes wawancara. 

“Setiap kecamatan diambil tiga peserta yang lolos. Mereka akan bertugas mulai Oktober 2022 hingga pemilu 2024 mendatang,” tutupnya. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral