ratusan pengendara motor, tukang parkir dan warga di Ponorogo ikuti upacara bendera.
Sumber :
  • tim tvone - aris sutikno

Detik-detik Kemerdekaan, Ratusan Pengguna Jalan di Ponorogo Ikuti Upacara Bendera

Rabu, 17 Agustus 2022 - 14:13 WIB

Ponorogo, Jawa Timur - Ada yang berbeda di simpang empat Jalan HOS Cokroaminoto, Ponorogo. Di hari biasa, jalanan ini selalu padat dan riuh kendaraan, namun hari ini suasananya hening dan lagu kebangsaan Indonesia Raya menggema di perempatan Jalan HOS Cokroaminoto, tepat pada pukul 10.10 Wib, Rabu (17/8). Ratusan pengendara motor turun dari kendaraannya, tukang parkir dan warga sekitar mengikuti upacara bendera yang digelar oleh Polres Ponorogo.

Perayaan HUT ke-77 RI di persimpangan Jalan HOS Cokroaminoto tahun 2022 ini, baru dilakukan karena 2 tahun sebelumnya ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Wakapolres Ponorogo, Kompol Meridiani mengatakan, tujuan upacara yang digelar di jalan tersebut untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap bangsa dan negara, serta untuk menghormati jasa para pejuang kemerdekaan yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya. 

"Kita memiliki negara Indonesia sudah merdeka, hari ini diperingati, kita perlu menginspirasi bahwa atas perjuangan para pahlawan kita peroleh kemerdekaan, tumbuhkan rasa cinta pada negara kita," ungkap Meiridiani, Rabu (17/8). 

Pihaknya juga menyebut bahwa penyelenggaraan di jalan raya ini karena mayoritas sedang beraktivitas di jalan. Oleh sebab itu pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa mengikuti upacara kemerdekaan.

"Masyarakat beraktivitas di jalan banyak sehingga perlu memberikan edukasi, informasi pada hari ini HUT RI perlu kita peringati bersama-sama. Hanya butuhkan waktu 5 menit," imbuhnya.

Selain upacara bendera, para anggota Polres Ponorogo juga memberikan sebanyak 2022 bendera untuk para pengendara yang mengikuti upacara tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral