Fenomena embun di Desa Ranu Pane, Lumajang, Jawa Timur.
Sumber :
  • Tim tvOne/Wawan Sugiarto

Fenomena Embun Es Ranu Pane Jadi Ancaman Bagi Petani Kentang Lumajang

Rabu, 27 Juli 2022 - 12:05 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Rerumputan sekitar danau Ranu pane belakangan ini kerapkali diselimuti embun kristal es. Fenomena alam ini memang rutin terjadi saat puncak musim kemarau. Orang setempat biasa menyebutnya embun upas. 

"Makanya, sama orang sini embun es itu diisebut embun upas. Artinya embun yang bisa menjadi racun untuk tanaman," ungkap Hermanto, Ketua BUMDes Ranupane.

Tak hanya rerumputan sekitar Ranu pane, fenomena itu juga terjadi di sebagian lahan pertanian warga dan menjadi ancaman para petani setempat akan gagal panen.

Lebih lanjut Hermanto mengatakan, embun es adalah hama, tanaman kentang bisa mati jika batangnya terkena embun es yang sangat tebal

“Tanaman kentang yang masih berusia 2 bulan sangat berisiko mati saat kondisi cuaca sangat dingin," katanya, Rabu (27/7/2022).

Apalagi, lanjutnya, saat fenomena embun es terjadi, suhu rata-rata Ranupane bisa dibawah 10 derajat celcius. Bahkan, bisa mendekati minus.

Kerto, salah satu petani setempat mengaku cukup ketar-ketir disaat fenomena ini terjadi. Menurutnya, selain hama ulat, embun upas juga menjadi salah satu musuh para petani.

“Ya gimana lagi, cuaca gak bisa dihindari sudah diatur yang kuasa." tutupnya.(wso/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral