Ribuan umat Hindu melakukan ritual piodalan di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Wujudkan Kehidupan Harmonis dan Sejahtera, Ribuan Umat Hindu Gelar Ritual Piodalan

Rabu, 13 Juli 2022 - 19:24 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Ribuan umat Hindu dari seluruh nusantara melakukan ritual piodalan di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Lumajang.

Ritual ini ditujukan untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis dan sejahtera lahir batin dalam kehidupan masyarakat. Selain itu Pura Mandhara Giri Semeru Agung menjadi tempat suci yang dianggap sebagai muasal nenek moyang warga Bali.

Acara puncak ini turut dihadiri Wakil Gubernur Bali, Tjokarda Oka Artha Ardana Sukawati. Cok Ace sapaan akrabnya juga tampak memeragakan tari topeng sidakarya dalam ritual tersebut.

“Pemeliharaan tempat suci ini menjadi kewajiban umat, dan sebagai jalan restu dewa yang memberikan kedamaian,” katanya, Rabu (13/7). 

Dia mengatakan bahwa muasal nenek moyang Bali berada di Lumajang, sehingga Pura Mandhara Giri Semeru Agung menjadi tempat suci yang sangat ditinggikan umat Hindu.

“Perayaan ini kebetulan bersamaan dengan purnama kasa. Jadi memang ritual rutin setiap tahun. Persembahan yang diberikan hanya satu ekor kerbau, namun pada acara tahun 2024 mendatang, kita akan perasmbao 13 ekor kerbau," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, kerukunan antarumat beragama terlihat jelas dalam acara puncak ritual piodalan. Bahkan, acara puncak yang berlangsung sejak tanggal 13 Juli hingga 24 Juli 2022 dijaga ketat oleh pecalang dan Banser NU. (wso/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral