Jalan sepanjang 1,2 kilometer di bangun dengan dana pribadi di Ponorogo.
Sumber :
  • tvone - aris sutikno

Crazy Rich Ponorogo Rogoh 'Kocek' Pribadi Rp420 Juta, Bangun Jalan Desa Sepanjang 1,2 Kilometer

Senin, 6 Juni 2022 - 14:07 WIB

Ponorogo, Jawa Timur - Aksi Crazy Rich yang memperbaiki fasilitas umum milik pemerintah juga terjadi di Kabupaten Ponorogo. Adalah Hananto (43) warga Dukuh Ngadiro, Desa Pintu, Kecamatan Jenangan. Hananto merupakan juragan ayam potong, yang rela menggunakan uang pribadinya hingga Rp420 juta untuk memperbaiki jalan poros desa setempat. 

Kepala Dusun (Kasun) Ngadiro, Desa Pintu Imam Basuki mengungkapkan, aksi gila Hananto dipicu keprihatinannya atas sempitnya jalan poros penghubung, Desa Pintu dan Desa Ngrupit itu. Dimana akibat lebar jalan yang hanya 2,5 meter, kerap membuat warga yang membawa kendaraan kesulitan saat berpapasan. 

"Karena jalannya sempit dan kalau menunggu diperbaiki dari daerah itu terlalu lama. Apa lagi jalan ini kan ramai kendaraan karena akses vital, kalau buat simpangan susah. Hal itu membuat mas Hananto ini rela uang pribadinya untuk melebarkan jalan ini, untuk memperlanjar akses perekonomian warga," ujarnya, Senin (06/06/2022). 

Imam mengaku, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat sebenarnya telah mengajukan usulan ke Pemkab Ponorogo untuk pelebaran jalan sejauh 1,2 kilometer namun hingga kini belum juga terealisasi. Ia mengaku menggunakan uang pribadi Hananto, mendanai seluruh perbaikan jalan mulai dari pengecoran hingga pengaspalan

"Jalan dilebarkan mulai dari 3,2 meter jadi 5,2 meter, untuk molen cor ini aspal goreng semua dana pribadi dari mas Hananto. Jalan yang diperbaiki ini di RT 1 RW 7, sejauh 1.200 meter. Untuk pekerja ini semuanya warga sini," ungkapnya. 

Basuki membeberkan sejak seminggu lamanya memperbaiki jalan, Hananto telah mendanai pengecoran jalan dengan menggunakan 8 truk molen. 

"Sampai sekarang molennya sudah 8 truk besar, dimana satu truknya 8 kubik jadi kalau ditotal sudah 64 kubik. Itu semua dana murni pribadi mas Hananto. Nantinya setelah di cor ini mau diaspal goreng juga," pungkasnya. (asn/rey)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral