percepatan kualitas SDM.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Percepatan Peningkatan Kualitas SDM, Lulusan Pesantren Diharapkan Siap di Dunia Industri

Rabu, 30 Maret 2022 - 19:43 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur terus berupaya melakukan percepatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Jatim. Tidak hanya dengan perguruan tinggi umum, kerjasama juga dilakukan dengan universitas yang berada di bawah naungan pondok pesantren, salah satunya dengan Universitas Nurul Jadid Paiton, Rabu (30/3).

Penandatanganan kerjasama (MoU) dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto dengan Wakil Rektor IV Universitas Nurul Jadid, KH. Faiz, di Pondok Pesantren Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo.

Adik Dwi Putranto mengatakan, kerjasama ini diantaranya meliputi pengembangan sumber daya dan mutu kelembagaan melalui uji kompetensi yang akan dilakukan oleh Kadin Institute dan fasilitasi kegiatan akademik pemagangan. Khusus untuk program pemagangan, kerjasama juga didukung oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jatim dalam penempatan mahasiswa Nurul Jadid yang akan melakukan pemagangan di industri.

“Program pemagangan ini harus benar-benar dilaksanakan sesuai standar, sehingga akan tercipta link and super match antara dunia akademisi dan pesantren dengan dunia industri. Agar nantinya, lulusan pesantren ini juga bisa bekerja dan diterima oleh dunia industri sesuai dengan keahliannya,” katanya.

Lanjut Adik, program pelatihan kurasi produk IKM dan uji kompetensi serta pelatihan untuk pendamping Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kadin Jatim juga memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap UMKM, karena 99,9 persen dari total jumlah pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM.

“Dan 86 persen dari 99,99 persen tersebut adalah mikro. Jumlah UMKM di Jatim mencapai 9,7 juta, mereka ini yang menyerap tenaga kerja lebih dari 70 persen. Berarti posisi UMKM disini sangat strategis dalam memperkuat struktur perekonomian di Indonesia. Jika perlu dinaikkelaskan karena posisinya sangat strategis, sehingga Kadin Insitute memiliki program pelatihan pendamping UMKM,” ujarnya.

Salah satu yang akan diajarkan kepada pendamping UMKM adalah tentang digital marketing. Materi ini dianggap sangat penting karena industri sudah masuk pada era 4.0, teknologi digital menjadi urat nadi perkembangan sebuah usaha.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral