Tak Pengaruh Iklim, Bulog Panen Padi Program Mitra Tani di Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Tak Pengaruh Iklim, Bulog Panen Padi Program Mitra Tani di Banyuwangi

Kamis, 17 Oktober 2024 - 13:05 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Program ketahanan pangan yang digagas oleh Bulog ternyata berhasil. Bahkan, perubahan iklim global juga tidak terlalu mempengaruhi tanaman padi. Terbukti, Perum Bulog menggelar panen padi di Kelurahan Watukebo, Kecamatan Blimbingsari, Rabu (16/10). Padi yang dipanen merupakan hasil program Mitra Tani.

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novianti menjelaskan, Mitra Tani merupakan program yang dirancang untuk menunjang ketahanan pangan dari hulu. Hulu yang dimaksud adalah para petani yang menggarap sawah.

Melalui program tersebut, Febby mengklaim, Bulog mendukung secara langsung keberlangsungan para petani mitra, termasuk mitra yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Ia menyebut, melalui Mitra Tani, petani mendapat peningkatan akses terhadap sumber daya pertanian yang krusial. Terutama akses mendapatkan pupuk dan benih. Bahkan, Program Mitra Tani ini juga menawarkan pembiayaan produksi untuk memastikan petani dapat menjalankan praktik pertanian berkelanjutan.

"Program Mitra Tani mengedepankan kolaborasi dengan petani, kami memperkuat rantai pasokan, meningkatkan produktivitas pertanian, dan memberikan pelatihan kepada petani mengenai metode pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan," ujar Febby.

Saat ini, jumlah beras yang telah diserap oleh Bulog hingga bulan Oktober 2024 dari para petani mitra program sebanyak 70 ton.

"Hingga Oktober, separuh lahan proyek telah dipanen, sedangkan sisanya akan dipanen pada November," bebernya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:32
16:52
01:55
01:09
03:04
01:55
Viral