Destinasi Baru di Selat Bali, Diorama Bawah Laut Majapahit's Warrior Underwater.
Sumber :
  • happy oktavia

Destinasi Baru di Selat Bali, Diorama Bawah Laut Majapahit's Warrior Underwater

Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:16 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Ada yang baru di Pesisir Selat Bali, tepatnya di wilayah Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Kecamatan di wilayah utara kabupaten yang bertajuk “The Sunrise of Java” ini memiliki destinasi wisata Bangsring Underwater yang kini memiliki ikon baru bernama Majapahit's Warrior Underwater dan Monumen Mas Bagus Wangsakarya.

Majapahit's Warrior Underwater ini merupakan patung Gajahmada dan belasan prajurit Majapahit beserta gapuranya. Letaknya di bawah laut dengan kedalaman sekitar 2,5 meter. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan patung-patung tersebut saat diving atau snorkling di perairan pantai Selat Bali itu.

"Ini adalah ikon spot tourism baru yang memang masih belum banyak ada di Jawa Timur," kata Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, saat peluncuran, Kamis (10/10).

Turut hadir juga dalam peresmian tersebut, Konjen Jepang di Surabaya Takeyama Kenichi, Plt Bupati Banyuwangi Sugirah, dan jajaran pejabat Pemprov Jatim dan Pemkab Banyuwangi.

Majapahit's Warrior Underwater dan Monumen Mas Bagus Wangsakarya diresmikan  dalam rangkaian Hari Jadi Jawa Timur ke-79.

Adhy menjelaskan, patung-patung yang ditenggelamkan bukan sekadar fasilitas penunjang wisata, tapi sekaligus memiliki nilai edukasi sejarah. Itulah sebabnya tema kerajaan Majapahit diangkat sebagai diorama bawah laut.

"Jawa Timur dikenal sebagai Bumi Majapahit, maka kami harus mewujudkan sesuatu yang yang betul-betul riil dengan adanya diorama patung yang bisa menggambarkan kejayaan Majapahit sebagai penguasa Nusantara pada zamannya," bebernya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:19
02:59
02:36
20:40
01:05
03:15
Viral