Ilustrasi matahari.
Sumber :
  • Khumaidi

Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, Ini Penjelasan BMKG

Sabtu, 28 September 2024 - 18:38 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Fenomena hari tanpa bayangan di Surabaya atau matahari di atas Surabaya terjadi pada 7 Oktober 2024. Dalam fenomena ini, suhu akan mengalami kenaikan dari 30 derajat menjadi 37 derajat.

"Pada hari ini, Sabtu 28 September 2024, fenomena suhu mulai naik mulai di sekitar wilayah Sidoarjo dan Surabaya, suhu berkisar 34 hingga 35 derajat celsius," ujar Rendi Irawadi, staf monitoring BMKG Juanda.

Menurut Rendi, fenomena ini meruakan fenomena tahunan yang terjadi namun dengan kondisi kemarau ini membuat suhu di beberapa wilayah naik.

"Kondisi iklim yang bersaman dengan musim kamarau bertepatan dengan letak matahari bergesar dari katulistiwa ke selatan mendekati Kota Surabaya, otomatis suhu akan mengalami penambahan dan dipredeksi antata 36 hingga 37 derajat pada saat tanggal 07 oktober 2024 besok karena matahari tepat di atas Surabaya," ucapnya.

Rendi menambahkan dengan kondisi matahari tepat di Surabaya juga diartikan hari tanpa bayangan.

"Ya kita menyebutnya hari tanpa banyangan, fenomena ini bisa akan berpengaruh pada aktivitas masyarakat di luaran. Untuk itu, BMKG juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik atau bahkan termakan berbagai isu dan berita hoaks terkait fenomena ini. Sebab, hari tanpa bayangan merupakan fenomena yang normal terjadi. Masyarakat hanya kurangi aktivitas di luaran agar tidak dehidrasi, banyak konsumsi minum air putih, hindari dengan yang berhubungan dengan api agar terhindar bahaya kebakaran," pungkas Rendi. (khu/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:47
03:26
07:58
03:57
03:17
02:06
Viral