Angka'an Meriahkan Perayaan Maulid Nabi di Pulau Bawean Gresik.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Unik, Angka'an Senilai Rp35 Jutaan Meriahkan Perayaan Maulid Nabi di Pulau Bawean Gresik

Selasa, 17 September 2024 - 17:39 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau maulid Nabi, menjadi momen istimewa bagi warga masyarakat yang tinggal di pulau Bawean Gresik. Warga dengan suka cita membawa 'Angkaan' atau hadiah berupa berkat yang berisi aneka makanan dalam sebuah keranjang besar dari rumah mereka masing-masing.

Uniknya nilai angkaan yang dibawa oleh warga senilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan sejumlah keluarga dari warga Bawean yang berada di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam dan lainnya, mengirimkan uang dalam bentuk ringgit dan dollar sebagai robit (uang hadiah) untuk memeriahkan perayaan Maulid Nabi.

"Mereka (Keluarga luar negeri) yang tidak bisa pulang ke tanah kelahirannya, biasanya selalu mengirim uang untuk keluarganya. Bahkan mereka juga nitip robit (uang hadiah) untuk masjid, sehingga setiap tahun robit yang ada tidak hanya rupiah, tapi juga ringgit, dollar Singapure, dollar Amerika, dollar Brunai. Total robit sekitar kurang lebih Rp35 juta,” tutur Gus Mujib pengurus masjid Baitul Mu'minin.

Dikatakan Gus Mujid, aneka berkat molot kemudian dilakukan pembagian secara bertukar dengan undian yang sudah disiapkan oleh panitia. Sebelumnya warga setempat telah memasukkan undian berkat angkaan molot.

Untuk diketahui, acara perayaan Maulid Nabi di Pulai Bawean Gresik diawali dengan lantunan sholawat. Gemuruh langkah kaki warga Bawean terdengar saat mereka berbondong-bondong ke Masjid untuk mengikuti perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, 1446 Hijriah.

Seperti halnya yang dilakukan warga di Dusun Daun Timur, Desa Daun, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. Mereka mulai mengangkat 'Angkaan Molot' istilah Bawean untuk hadiah atau berkat, Maulid Nabi. Kaum laki-laki mengangkat Angkaan, sedangkan kaum hawa menata hiasan Angkaan molot, sebelum dibawa ke masjid masing-masing.

Perayaan Angkaan molot dirayakan warga ditanggal kelahiran Nabi 12 Rabiul Awal, bulan ketiga dalam kalender Hijriah, dan dirayakan turun temurun oleh warga. Bahkan, dari beberapa Dusun di Desa Daun, Kecamatan Sangkapura, Dusun Daun Timur, terbilang merayakan Angkaan molot yang cukup besar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral