Ratusan Hektar Ladang Jagung di Lumajang Rusak Diserang Hama Tikus.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

Ratusan Hektar Ladang Jagung di Lumajang Rusak Diserang Hama Tikus, Petani Gigit Jari

Rabu, 31 Juli 2024 - 11:47 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Serangan hama tikus di Kabupaten Lumajang, semakin meluas. Saat ini, sedikitnya sudah ada 400 hektare lahan pertanian padi dan jagung di sejumlah kecamatan yang terserang hama tikus.

Mirisnya, fenomena serangan hama tikus ini ternyata bukan baru terjadi pada musim tanam tahun ini saja. Namun, sejak musim tanam sebelumnya, hama tikus sudah menyerang walaupun tidak separah sekarang, seperti yang dialami Ali, salah satu petani jagung di Desa Jatigono yang mengaku sudah mengalami kerugian akibat dua kali musim tanam jagung.

Ali mengatakan bahwa sejak musim tanam sebelumnya, ia tidak pernah merasakan hasil panen dari jagung yang ia tanam. Sebab, pada saat waktu panen, jagung di lahannya sudah habis dimakan tikus.

"Untuk hama tikus sudah 2 kali tanam untuk musim jagung, ini habis terus gak panen sama sekali," kata Ali saat ditemui di lahan jagungnya, Rabu (31/7).

Untuk mengurangi dampak kerugian yang banyak, Ali pun terpaksa menjual daun jagung untuk dijadikan pakan kambing dan sapi.

"Pada akhirnya ya saya jual daunnya buat pakan ternak, kalau gak gitu malah gak kebagian apa-apa," tambahnya.

Roni, petani lainnya mengatakan, hama tikus tidak hanya menyerang tanaman padi dan jagung saja. Namun, tanaman seperti tomat, terong, hingga timun juga sudah mulai diserang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral