Pembangunan sumur bor di Desa Kali Padang, Gresik.
Sumber :
  • m habib

Krisis Air Landa Warga Benjeng, PLN Nusantara Power UP Gresik Bangun Tiga Titik Sumur Bor

Kamis, 18 Juli 2024 - 14:07 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Krisis air dampak musim kemarau yang melanda wilayah Gresik selatan mulai dirasakan masyarakat, khususnya para petani sayur mayur. Selain warga mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih, puluhan hektare lahan pertanian sayur mayur terancam gagal panen.

Kepala Desa Kali Padang, Kecamatan Benjeng, Gresik, Candra mengatakan jika saat musim kemarau panjang, penghasilan petani sayur mayur mengalami penurunan secara drastis.

"Bahkan penghasilannya tinggal 20 persen dari biasanya saat musim penghujan," kata Candra, Kamis (18/7).

Dikatakan Candra, karena sulitnya mendapatkan sumber air, warga terpaksa menggunakan air PDAM untuk mengairi tanaman mereka agar tidak mati.

"Ada petani yang pakai air PDAM dan satu bulannya habis biaya hingga Rp1,2 juta. Itu untuk sawahnya saja, belum yang untuk kebutuhan sehari- hari," terangnya.

"Bantuan sumur bor ini cukup membantu. Tapi kalau bisa ditambah lagi karena luas lahan pertanian warga disininya yang untuk sayur mayur saja luasnya delapan hektare," tutupnya.

Mengetahui hal itu, PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Gresik menyalurkan bantuan berupa pembangunan tiga sumur bor di Desa Kalipadang, Kecamatan Benjeng, Gresik yang ditandai dengan peresmian sumur bor secara simbolis, penandatanganan prasasti, dan pelatihan pengolahan sampah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral