Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di pembangunan Pasar Banyuwangi.
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Menteri PUPR Targetkan Tol Probowangi Rampung Tahun 2025

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:02 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Hadir di Banyuwangi, ternyata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sempat menyampaikan informasi terbaru tentang pembangunan 2 infrastruktur penting. Basuki optimis Banyuwangi akan semakin maju dengan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) dan Jalur Lintas Selatan (JLS).

JLS ini adalah jalur yang menghubungkan Banyuwangi-Jember serta kawasan pantai selatan dari Pacitan sampai Banyuwangi. Pernyataan Hal tersebut disampaikan Basuki saat mengunjungi Banyuwangi, Sabtu (13/7), didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

"(Untuk tol) Targetnya InsyaAllah 2025 mestinya sampai Banyuwangi," kata Basuki.

Pembangunan tol Probowangi terdiri atas dua tahap. Tahap pertama sepanjang 49,68 kilometer (KM) memiliki seksi 1-3, yaitu seksi Gending-Kraksaan, Kraksaan-Paiton, dan Paiton-Besuki. Pembangunan seksi Paiton-Besuki saat ini masih berlangsung dan ditarget rampung akhir 2024.

Sementara tahap dua memiliki panjang 126,72 KM yang terdiri atas seksi lanjutan 4-7 yakni seksi Besuki-Situbondo, seksi Situbondo-Asembagus, Asembagus-Bajulmati, dan terakhir Bajulmati-Ketapang yang berada di kawasan Banyuwangi. Jalur tol tersebut juga memiliki view indah Selat Bali.

"Banyuwangi ke depan pasti lompatannya jauh lebih baik. Apalagi kalau tol Probowangi selesai," tambahnya.

Lebih-lebih, papar Basuki, apabila pembangunan tol Gilimanuk-Mengwi yang menghubungkan Jembrana hingga Badung di Pulau Bali juga rampung, yang akan sangat memperkuat relasi akses Banyuwangi dan Pulau Bali.

“Jika demikian, bukan tidak mungkin para wisatawan dari berbagai daerah di Jawa yang hendak pergi ke Bali akan memilih jalur darat ketimbang udara,” tutur Basuki.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral