Warga arak miniatur kerbau dalam acara bersih desa.
Sumber :
  • wawan sugiarto

Semarak Tradisi Satu Suro, Warga Arak Tumpeng, Gunungan Hasil Bumi hingga Miniatur Kerbau Jajanan Pasar

Kamis, 11 Juli 2024 - 18:46 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Beragam cara dan tradisi dilakukan warga saat menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharam1446 H, atau 1 Suro dalam kalender Jawa di tahun 2024 ini. 

Salah satunya yang digelar di Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, pada Kamis (11/7/2024) ini. Secara rutin, setiap bulan Suro warga dan pemerintahan desa setempat juga melakukan kegiatan bersih desa atau sedekah desa. 

Berbeda dengan tradisi desa lainnya, selain mengarak tumpeng dan gunungan hasil bumi, dalam kegiatan ini juga digelar kirab budaya, yang menampilkan sejumlah seni yang bernafaskan religi dan budaya lokal. 

Pantauan tvOnenews.com di lokasi, selain dalam bentuk tumpeng dan gunungan hasil bumi, beberapa peserta juga terlihat memikul miniatur kerbau dan masjid yang terbuat dari aneka jajanan pasar, sehingga semakin mengundang decak kagum penonton di sepanjang jalan. 

Disamping itu, Kepala Desa dan seluruh perangkatnya juga dilibatkan dalam iring-iringan pawai ini, dengan mengenakan busana adat Jawa dengan tujuan agar semakin dekat dengan masyarakat. 

"Ini tradisi tahunan setiap bulan suro atau menyambut tahun baru Islam. Semua perangkat tingkat desa hingga RT kita libatkan semua. Semua mengikuti pawai biar semakin dekat dan menyatu dengan warga," kata Kepala Desa Bades, Sahid kepada tvOnenews.com, Jum'at (11/7). 

Sahid menyebutkan, dalam kegiatan bersih desa ini sebanyak 12 tumpeng dan gunungan hasil bumi diarak berkeliling kampung sejauh dua kilometer, menuju halaman Balai Desa untuk diperebutkan dan dimakan bersama warga sehingga terlihat guyub rukun. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral