Jelang Peresmian Operasi Smelter Freeport.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Jelang Peresmian Operasi Smelter Freeport, 22 Ribu Ton Konsentrat Tembaga Tiba di Gresik

Selasa, 25 Juni 2024 - 11:43 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Jelang diresmikannya operasi smelter PT Freeport Indonesia oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto pada Kamis (27/6) mendatang, sebanyak 22.000 ton konsentrat telah tiba di dermaga pelabuhan Smelter Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Selasa (25/6).

Diketahui, kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily, melakukan pengangkutan puluhan ribu ton konsentrat tembaga perdana dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, menuju Gresik, Jawa Timur.

Saat ini kapal Mother Vessel telah bersandar di pelabuhan Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, tepatnya pada Jumat (21/6) lalu.

Kapal tersebut dilaporkan membawa total 22.000 ton konsentrat tembaga, dimana nantinya sebanyak 10.000 ton dimurnikan di smelter pertama PTFI, yaitu PT Smelting dan sebanyak 12.000 ton menjadi pasokan utama smelter baru PTFI yang beroperasi bulan ini (Juni).

Selanjutnya konsentrat dipindahkan dan ditempatkan dalam Concentrate Barn sebelum diproses lebih lanjut nantinya di Flash Smelting Furnace (FSF).

Secara garis besar terdapat tiga proses yang harus dilalui konsentrat sebelum menjadi lembaran katoda tembaga, yakni proses material handling konsentrat, proses peleburan di Furnace dan pemurnian di Electrorefinery. (mhb/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral