Agus Setiawan warga Desa Wonomerto, Wonosalam, Jombang saat memproduksi talas beneng sebagai alternatif pengganti tembakau.
Sumber :
  • Umar sanusi

Dari Hama Jadi Harta: Daun Talas Beneng Disulap Jadi Alternatif Tembakau Penghasil Rupiah

Sabtu, 22 Juni 2024 - 12:50 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Ubi tanaman talas beneng yang tak dapat dikonsumsi sering kali menjadi gulma bagi petani. Namun, di tangan Agus Setiawan (47) warga Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, tanaman ini bisa disulap menjadi alternatif pengganti tembakau yang bisa menghasilkan rupiah.

Daun talas beneng selama ini dianggap sebagai gulma yang merugikan bagi tanaman lain. Namun, Agus melihat potensi besar dalam daun talas beneng yang bisa diolah menjadi alternatif pengganti tembakau.

“Sementara ini, mengambil di pekarangan dan hutan. Kebetulan di tempat kami tinggal di lereng Gunung Anjasmoro, tanaman ini tumbuh banyak di pekarangan bahkan sering jadi gulma dan tidak terpakai,” kata Agus kepada awak media, Sabtu (22/6/2024).

Di tangan terampilnya, mulanya duan talas yang diambil dari pekarangan didiamkan selama tiga hari hingga daun berubah berwarna kuning kecokelatan. Setelah itu, daun dipisahkan dengan seratnya.

Kemudian duan yang sudah dipisahkan dari seratnya dipotong-potong kecil-kecil layaknya memotong daun tembakau pada umumnya. Proses terakhir yakni tinggal dijemur hingga duan mengering.

“Prosesnya agak lama mulai dari awal hingga siap kirim ke pabrik kisaran satu mingguan,” ujarnya.

Menurutnya, tembakau yang terbuat dari daun talas beneng ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis olahan termasuk teh herbal hingga produksi rokok kesehatan nol nikotin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral