Masjid Mujahidin, Tanjung Perak, Surabaya..
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Masjid Mujahidin Surabaya Gelar Salat Idul Adha 1445 Hijriah Hari Ini

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:38 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Sejumlah wilayah di kota surabaya gelar salat Idul Adha 1445 Hijriah lebih awal, Minggu pagi (16/6). Salah satunya Masjid Mujahidin, Tanjung Perak, Surabaya.

Salat Idul Adha dipimpin Imam Masjid Mujahidin, Ustaz Abidin Samaila dengan Khotib Ustad Asprihandi Latif, dengan mengambil tema meneladani keluarga Nabi Ibrahim dalam Al-Quran.

Dalam khotbahnya Ustad Asprihandi Latif, yang membacakan dan menerangkan inti dari ayat Qs Ashafaat 105-107 terkait keutamaan iman keluarga Ibrahim.

“١٠٤ قَدۡ صَدَّقۡتَ الرُّءۡيَا  ۚ اِنَّا كَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَ‏ ١٠٥ اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الۡبَلٰٓؤُا الۡمُبِيۡنُ‏ ١٠٦ وَفَدَيۡنٰهُ بِذِبۡحٍ عَظِيۡمٍ‏ ١٠٧ Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu, sungguh demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar (Qs Ashafaat 105-107),” ucanya dalam khotbahnya.

Lebih jauh Khotib menjelaskan peran penting keimanan keluarga Nabi Ibrahim. Dimana Ibrahim menjadikan keluarganya menjujung tinggi perintah Allah, tegar menghadapi cobaan serta memberi ilmu dan takwa kepada putranya Ismail.

“Teladan dalam pelaksanaan Idul Adha adalah keimanan ketakwaan dan keimanan keluarga Nabi Ibrahim. Yang tunduk terhadap perintah Allah, sabar dan tabah menghadapi cobaan, memberikan ilmu dan takwa, serta yakin akan kebaikan dari seluruh perintah Allah,” tambahnya.

Sementara itu Ustadz Muhammad Gasman Gazali, Ketua Pengurus Masjid Mujahidin Surabaya menjelaskan, Masjid Mujahidin mengelar salat Idul Adha lebih awal dari pemerintah.

Berdasarkan kesepakatan ulama dan pengurus masjid, disepakati mengelar salat Idul Adha hari ini, dengan pandangannya bahwa pelaksanaan wukuf haji di Arafah 9 Dzulhijjah telah dilaksanakan kemarin.

“Kami pengurus Masjid Mujahidin berpijak pada pelaksanaan Wukuf haji di Arafah 9 Dzulhijjah yang telah selesai dilaksanakan kemarin, dari keyakinan kami maka hari ini Minggu 16 Juni 2024 sudah waktunya untuk digelar salat Idul Adha, ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral