United States (US) Coast Guard Datangi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Ada Apa?.
Sumber :
  • zainal arifin

United States (US) Coast Guard Datangi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Ada Apa?

Jumat, 14 Juni 2024 - 11:46 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - United States (US) Coast Guard mengunjungi kapal Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Perak Surabaya, Kamis (13/6/2024).

Kunjungan personel keamanan laut dan pantai Amerika ke kapal PPLP ini merupakan bentuk kerjasama maritim antara Indonesia dan Amerika Serikat, serta memperkuat upaya bersama dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya di Indonesia.

Kepala PPLP Tanjung Perak Devi A. Mamesah mengatakan, setelah US Coast Guard melakukan kunjungan ke kantor PPLP Tanjung Perak, mereka juga berkesempatan mengunjungi kapal negara andalan Kesatuan KPLP, yaitu Kapal Patroli KN. Chundamani P.116 yang bertengger di Dermaga Mirah Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Kunjungan ini merupakan wujud nyata dari hubungan yang semakin persahabatan antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam bidang keselamatan dan keamanan pelayaran. Kami berharap kunjungan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kami dalam menjaga perairan Indonesia,” tutur Devi saat memberikan sambutan di Pangkalan PLP Tanjung Perak, Jiipe Manyar, Kabupaten Gresik, Rabu (12/6/2024).

Di tempat yang sama, Kasubdit Patroli dan Pengamanan Direktorat KPLP, Yuserizal yang juga mendampingi tamu luar negeri itu mengatakan, para delegasi US Coast Guard yang berkesempatan mengunjungi armada kapal patroli milik Pangkalan PLP Tanjung Perak melihat secara detail kelengkapan yang dimiliki di atas kapal.

“Karena di jajaran US Coast Guard masih ada kapal buatan tahun 60an yang masih terpelihara dengan baik,” ujarnya.

Adapun Delegasi US Coast Guard yang hadir dipimpin oleh Lyle Goode terdiri dari Digital Economy Officer, Policy Analyst, Cyber Strategy & Engagement Division Chief, Senior Policy Analyst, PACOM Team, Department of Homeland Security, dan CISA International.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral