Komunitas Sepeda Gelar Gowes Peringati Hari Pancasila.
Sumber :
  • tim tvone

Jaga Persatuan dalam Kebhinekaan, Komunitas Sepeda Gelar Gowes Peringati Hari Pancasila

Selasa, 4 Juni 2024 - 09:50 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, komunitas gowes di Gresik yang didominasi oleh para lansia, menggelar kegiatan kampanye perkuat persatuan dan kebhinekaan di tengah masyarakat, melalui bersepeda.

Mereka menggunakan sepeda kuno dan berkostum ala pejuang, sembari mengarak replika burung garuda. Yang menarik, acara ini diawali dengan sholat subuh berjamaah dan kuliah subuh.

Kegiatan ini menempuh jarak 15 kilometer menyusuri perkampungan di kawasan Driyorejo. Komunitas sepeda yang tergabung dalam Cycling Community Bukit Bambe (CCBB) mendapat apresiasi dari masyarakat, pasalnya komunitas sepeda ini didominasi oleh para lansia.

Ketua CCBB, Sulthon Arifin menegaskan, kegiatan bersepeda merupakan kegiatan rutin komunitas, namun yang berbeda, dalam peringatan hari lahir Pancasila yang diperngati setiap 1 Juni ini, CCBB ingin mengajak masyarakat secara luas untuk memegang teguh nilai-nilai Pancasila yang mulai luntur di tengah masyarakat, terutama upaya untuk terus menjaga persatuan di tengah perbedaan yang ada.

"Komunitas ini terbangun dari perbedaan, untuk itu sangat tepat kita memperingati Hari lahir Pancasila, sekaligus mengkampanyekan pentingnya persatuan untuk membangun bangsa yang lebih baik," terangnya.

Sementara itu, Mohammad Qosim, Wakil Bupati Gresik periode 2010-2015, dan periode 2016-2021 yang ikut dalam kegiatan gowes peringati hari lahir Pancasila ini, memberikan apresiasinya. Menurutnya penting sekali kampanye untuk terus memegang teguh nilai Pancasila di masyarakat.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, jarang sekali sebuah komunitas bersepeda yang terus menjaga dan mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga persatuan di tengah kemajemukan masyarakat," jelas Mohammad Qosim.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral