Kebakaran Hutan Gunung Anjasmoro di Jombang Berhasil Dipadamkan.
Sumber :
  • tvOne - umar sanusi

Kebakaran Hutan Gunung Anjasmoro di Jombang Berhasil Dipadamkan

Senin, 30 Oktober 2023 - 17:24 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Kawasan hutan di Gunung Anjasmoro di wilayah Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur terbakar. Titik api terlihat sejak Jumat, 26 Oktober 2023 malam lalu. Setelah tim pemadam dari instansi terkait melakukan pemadaman, kini api telah bisa dilokalisir dan sebagian besar telah bisa dipadamkan.

"Laporan masuk tanggal 26 dan langsung dilakukan penanganan. Kondisi saat ini api sudah berangsur padam. Untuk memastikan saat ini sudah dilakukan penyisiran lebih lanjut," jelas Bambang Dwijo Pranowo, Kepala BPBD Jombang didampingi Supervisor Pusdalops Peppy, Senin (30/10).

Sejak dilaporkan warga pada tanggal 26 Oktober lalu, api terus membakar kawasan hutan yang berada dalam wilayah pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo. Asap tebal akibat lalapan si jago merah pun terus mengepul dari dalam hutan.

Sejak mendapat laporan, lanjut Bambang, pihaknya terus mengaktifkan posko penanganan darurat, berkoordinasi dengan pemilik kewenangan hutan, melakukan pemadaman dan mmbuat sekat bakar.

"Kesulitannya tidak adanya air, akses menuju titik api yang sulit dan luasnya wilayah terbakar. Untuk wilayah Kabupaten Jombang, lokasi kebakaran berada di Desa Jarak, Carangwulung dan Panglungan," tambah Bambang.

Tahura Raden Soerjo merupakan kawasan Pelestarian Alam (KPA) dan masuk dalam gugusan kompleks pegunungan Arjuno-Welirang-Anjasmoro. Untuk melakukan pemadaman ratusan petugas terjun ke lokasi kebakaran dan berupaya memadamkan api. Selain dari Tahura, ada belasan petugas dari BPBD Jombang, Tagana dan masyarakat sekitar lokasi.

"Dari BPBD 15 orang, bantuan dari kawan Tagana 10 orang, Tahura banyak, masyarakat juga banyak. Luasnya yang terbakar yang masuk wilayah Kabupaten Jombang kami tidak tahu persis. Pemilik kewenangan hutan hanya memberikan luasan total 316 hektare," sambung Bambang. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral