Dropping air bersih ke wilayah yang krisis air..
Sumber :
  • happy oktavia

Lima Kecamatan di Banyuwangi Terancam Krisis Air

Selasa, 10 Oktober 2023 - 15:11 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.comKemarau mulai mengancam pasokan air bersih di Banyuwangi. Sedikitnya lima kecamatan di kabupaten ini mulai terancam krisis air. Kelima wilayah ini menjadi langganan kekurangan air ketika musim kemarau.

Lima kecamatan itu masing-masing Tegaldlimo, Bangorejo, Genteng, Glagah, dan Wongsorejo. Sejak kemarau melanda, pasokan air bersih di wilayah ini mulai terganggu. Mengantisipasi kelangkaan, warga digelontor air bersih secara rutin. 

“Droping air bersih kami lakukan bersama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM). Setiap hari digilir ke masing-masing kecamatan yang terdampak kekeringan,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Danang Hartanto, Selasa (10/10).

Selain menggelontorkan air bersih, pihaknya menggali sumber air baru untuk menambah pasokan air. Salah satunya, memperbaiki infrastruktur jaringan air. Harapannya, membantu mengatasi krisis air. 

“Tantangan kita memang cukup berat mengatasi kekeringan. Perubahan iklim yang tidak pasti menjadi kendala terbesar,” jelasnya.

Pihaknya berharap, warga di lima kecamatan yang terdampak ini bisa bersabar. Lalu, mendukung upaya-upaya pemerintah daerah mengatasi persoalan kekeringan, warga juga diimbau menggunakan air dengan bijak. Sehingga, kebutuhan air bisa tercukupi dengan baik. 

“Air itu sangat berharga, terutama di musim kemarau. Jadi, harus dijaga bersama-sama,” pinta Danang.
Kampanye dan edukasi pengelolaan air bersih juga terus digalakkan. Harapannya, terbangun kesadaran masyarakat pentingnya menjaga sumber air. Sehingga, ketika musim kemarau, pasokan air bersih akan tetap terjaga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral