Tumbuhan Langka Edelweis Terancam Punah, Akibat Kebakaran Hutan.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Tumbuhan Langka Edelweis Terancam Punah, Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Kawasan Bromo

Jumat, 8 September 2023 - 14:15 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Kebakaran hutan di wilayah Bukit Teletubbies, yang berada kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) hingga kini masih belum padam.

Tentu hal tersebut juga berdampak pada populasi salah satu tumbuhan langka, yakni bunga Edelweis, yang hanya bisa hidup di dataran ketinggian lebih dari 2000 Mdpl.

Habitat asli Edelweis yang berada di kawasan TNBTS saat ini, hanya berkisar seluas 1000 hektar saja dan itu pun terpisah di berbagai lokasi berbeda.

Oleh sebab itu tak dapat dipungkiri, dampak terburuk dari kebakaran hutan tersebut mampu memusnahkan habitat tumbuhan endemik tersebut.

“Kan sayang sekali jika sampai mereka punah akibat kebakaran hutan seperti saat ini, contoh seperti bunga edelweis, yang memang hanya ada di kawasan tertentu saja,” ungkap Didit, sebagai Kasi wilayah 1 BB TNBTS. 

Didit mengatakan hingga saat ini, pihaknya masih berupaya untuk memadamkan api. Pemadaman terkendala dengan jauhnya sumber air, dan kondisi medan yang curam, Jumat (8/9). 

“Ya semoga saja dalam satu hari ini, api yang membakar Bukit Teletubbies seluas 50 hektar ini bisa segera dipadamkan,” tandasnya. (msn/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral