Kebakaran di Areal Lahan Gunung Arjuno.
Sumber :
  • edi cahyono

Kebakaran di Areal Lahan Gunung Arjuno, Dugaan Dibakar Pemburu Liar

Selasa, 29 Agustus 2023 - 10:21 WIB

Malang, tvOnenews.com - Kebakaran lahan di areal Gunung Arjuno masih belum berhasil dipadamkan. Api kini merambat ke arah Gunung Arjuno di sisi Pasuruan, usai sebelumnya api menghanguskan di sisi Curah Sriti dan Bukit Lincing, yang masuk di Kecamatan Singosari, Malang.

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Tahura (Tahura) Raden Soerjo Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ajat Sudrajat saat dikonfirmasi awak media via telepon mengatakan, kebakaran lahan di areal Gunung Arjuno dilaporkan pada hari Sabtu (26/8) pagi dini hari dan hingga hari Senin (28/8) api belum bisa dipadamkan.

"Kalau dugaan ya perburuan liar sengaja dibakar. Yang jelas dibakar dengan sengaja dan saat ini masih proses pemadaman yang dilakukan secara manual," terang Ajat kepada awak media, Senin (28/8).

Ditambahkan Ajat, karena lokasi di lapangan yang cukup curam, memiliki kemiringan yang ekstrim, dan sulit air, dampak kebakaran ini melebar ke arah utara masuk wilayah Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

"Kebakaran melebar ke wilayah lahan Gunung Arjuno masuk wilayah Kecamatan Purwodadi. Dan tim kami masih fokus pemadaman, yang jelas kami belum hitung pastinya," terangnya.

Dari visual foto dan video yang diterima, api membakar lahan di kawasan Gunung Arjuno. Lahan yang terbakar cukup ekstrim di kemiringan terjal antara 60-70 derajat. 

Kepala BPBD Kabupaten Malang M. Nur Fuad membenarkan api yang membakar sempat muncul di Bumi Arjuno sisi Kabupaten Malang. Menurutnya, ada tiga titik api yang muncul cukup besar pada Sabtu (26/8). Api berhasil dipadamkan dengan cara manual dengan melibatkan beberapa tim gabungan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral