Ketua Bawaslu Banyuwangi, Adrianus Yansen Pale.
Sumber :
  • happy oktavia

Mengagetkan! Bawaslu Banyuwangi Temukan Ratusan Pemilih Tak Penuhi Syarat, Termasuk Sudah Meninggal

Jumat, 25 Agustus 2023 - 17:42 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Daftar pemilih tetap (DPT) pemilu yang telah ditetapkan ternyata menuai kontra. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi menemukan adanya  pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Data ini ditemukan setelah Bawaslu melakukan uji fakta di tingkat kelurahan/desa. Hasilnya, sekitar ratusan pemilih dalam DPT dinyatakan tidak memenuhi syarat. Dari sekian DPT yang tidak memenuhi syarat, kebanyakan telah meninggal

"Kami dapati sebanyak 949 pemilih yang telah meninggal dunia," kata Ketua Bawaslu Banyuwangi, Adrianus Yansen Pale, Jumat (25/8). 

Pihaknya juga mendapati sebanyak 40 DPT yang tidak ditemukan. Dan, 19 daftar pemilih yang pindah domisili. Jumlah pemilih yang meninggal dunia ini diprediksi jauh lebih banyak. Sebab, uji fakta yang dilakukan pengawas pemilu sifatnya hanya sampling. 

"Artinya baru lima KK dalam satu TPS yang kita uji. Ternyata banyak sekali (daftar pemilih meninggal) dan itu merata nyaris di semua desa," jelasnya. 

Pascapenetapan DPT yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Bawaslu melalui jajaran yang ada di bawah langsung melakukan uji fakta. Pengujian untuk memastikan kebenaran daftar pemilih tersebut sudah memenuhi syarat. 

"Ternyata hasil yang kami terima, masih banyak data DPT yang belum memenuhi syarat," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral