Pembasahan lahan perkebunan yang terbakar.
Sumber :
  • m habib

Gara Gara Bakar Sampah, Lahan Perkebunan Warga di Mojokopek Gresik Hangus Terbakar

Jumat, 18 Agustus 2023 - 16:23 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Sebuah lahan perkebunan milik warga di Dusun Mojokopek, RT 1 RW 1, Desa Mulung, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik terbakar hebat. Kuatnya hembusan angin dan udara panas yang menyengat, membuat kobaran api terus meluas dan menghanguskan seluruh lahan, Jum'at (18/8).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian kebakaran lahan di wilayah Gresik selatan Driyorejo itu bermula, saat seorang warga sedang membakar sampah sisa rumah tangga di samping rumahnya. Tiba- tiba saja api semakin membesar dan sulit dipadamkan. Amukan api terus membesar terbawa arus angin dan merembet ke lahan perkebunan warga yang dipenuhi dengan ilalang kering.

Agustinus Halomoan Sinaga, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik ketika dihubungi tvOnenews.com membenarkan, jika telah terjadi kebakaran lahan di wilayah Driyorejo Gresik, tepatnya di Dusun Mojokopek, Desa Mulung.

"Laporan kebakaran masuk ke kami pukul 13.32 WIB. Petugas lalu berangkat menuju lokasi kebakaran sekitar pukul 13.36 WIB tadi," ujar Kadis Sinaga.

Dikatakan Kadis Sinaga, jika lahan yang terbakar merupakan lahan milik Haji Sain. Kebakaran terjadi karena adanya warga yang awalnya membakar sampah dan apinya menjalar ke lahan milik Sain.

"Ya untungnya api bisa dijinakkan petugas Damkar Gresik sekitar pukul 14.25 WIB," jelasnya.

Kadis Damkar Sinaga lalu menceritakan kronologi kejadian kebakaran lahan. Menurutnya, awalnya ada salah satu warga yang sedang bakar-bakar sampah dan tidak dijaga. Karena hembusan angin yang kencang, api merembet ke lahan di sampingnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral