Polisi Tanam Ribuan Pohon di Kawasan Kenjeran, Jaga Kelestarian Alam.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Polisi Tanam Ribuan Pohon di Kawasan Kenjeran Surabaya, Jaga Kelestarian Alam dari Bahaya Pemanasan Global dan El Nino

Jumat, 18 Agustus 2023 - 14:54 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam, khususnya dampak dari pemanasan global yang berakibat terjadinya perubahan iklim yang anomaly, aparat kepolisian bersama sejumlah stakeholder melakukan penanaman ribuan pohon di kawasan Kenjeran Park, Surabaya.

Penanaman pohon di kawasan Kenjeran Park, Surabaya ini dipimpin langsung oleh Karodalpers SDM Polri, Brigjen Pol Nurworo Danang SIK, dengan didampingi Karo SDM Polda Jatim Kombes Pol Hary Kurniawan dan sejumlah pejabat di jajaran Polda Jawa Timur lainnya. 

Pohon yang ditanam di komplek gedung Pagoda ini adalah pohon tabebuya dari Jepang. Selain itu juga tanaman bakau atau mangrove yang ditanam di sepanjang  Pantai Kenjeran. Penanaman pohon ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk di Jawa Timur akan ditanam sebanyak 10 ribu pohon.

“Penanaman pohon yang  bertemakan Penghijauan Sejak Dini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam lingkungan, khususnya dari dampak pemanasan global yang  berakibat terjadinya perubahan iklim di sejumlah daerah di Indonesia,” ungkap Brigjen Pol Nurworo Danang, Karodalpers  SDM Polri.

Selain itu, Nurworo Danang menyebutkan, penanaman ribuan pohon ini juga untuk mencegah fenomena alam El Nino, yang membuat kemarau panjang di wilayah Indonesia, dan berdampak kepada berkurangnya sumber air bersih, baik untuk masyarakat maupun untuk tanaman.

“Fenomena tersebut berdampak pada berkurangnya sumber air, pengairan untuk pertanian, juga berkurangnya sumber air bersih, menyebabkan kekurangan bagi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Dan juga dampak dari kekeringan ini yang menyebabkan kebakaran lahan dan hutan di beberapa wilayah,” paparnya.

Menurutnya, Polri bekerja sama dengan stakeholder dan pemerintah, serta masyarakat untuk bersama-sama melakukan program penghijauan ini untuk menghidupkan kembali daerah-daerah atau wilayah kritis akibat dari kekeringan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral