Semak Belukar di Belakang Pasar Menganti Terbakar Hebat.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Semak Belukar di Belakang Pasar Menganti Terbakar Hebat, Petugas Damkar Kesulitan Padamkan Api

Jumat, 14 Juli 2023 - 21:02 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Kebakaran hebat kembali menghanguskan semak belukar di lahan kosong di belakang Pasar Menganti, Kecamatan Menganti, Gresik. Kobaran api yang membumbung tinggi sempat membuat warga di Dusun Wonokoyo, Desa Menganti, panik lantaran khawatir api akan menjalar ke pemukiman warga.

Bahkan akibat besarnya kobaran api dan luasnya lahan yang terbakar, sempat membuat para petugas pemadam kebakaran (Damkarla) Kabupaten Gresik, sempat mengalami kesulitan untuk menjinakkan api, lantaran lokasi kejadian berada di tengah-tengah lahan dan sulitnya akses menuju titik kebakaran.

Agustinus Halomoan Sinaga, Kepala Dinas Damkarla Gresik kepada tvOnenews.com, menuturkan, jika peristiwa terbakarnya semak belukar di lahan kosong tersebut terjadi pada Kamis malam (13/7). Kobaran api tiba-tiba terlihat oleh warga setempat membara dari arah utara. Saat itu, tiupan angin kencang membuat api begitu cepat membesar dan membakar rumput ilalang di sekitar lokasi lahan.

Masih menurut Agustin Halomoan Sinaga, karena khawatir api semakin membesar dan bisa menjalar ke pemukiman, sejumlah warga kemudian melapor ke Kantor Damkarla. Usai mendapatkan laporan pihaknya bergegas menuju lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman dan pendinginan api.

“Petugas yang menerima laporan sekitar pukul 18.00 WIB dan segera berangkat menuju lokasi kebakaran,” tutur Sinaga, Jumat (14/7).

Sinaga menambahkan, lokasi kejadian kebakaran yang berada di tengah-tengah, membuat para petugas pemadam kebakaran terlebih dahulu melakukan size up lokasi kebakaran guna memudahkan proses pemadaman lahan kosong yang terbakar. Proses pemadaman berlangsung selama beberapa jam.

"Setelah melakukan size up lokasi petugas akhirnya berhasil menemukan satu titik untuk proses pemadaman lahan kosong yang terbakar tersebut. Proses pemadaman berakhir pukul 21.10 WIB,” sambungnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral