Upaya peningkatan kapasitas dermaga Gilimanuk.
Sumber :
  • happy oktavia

Jadwal Sandar Kapal Bisa Lebih Cepat, Satu Dermaga di Pelabuhan Gilimanuk Dirombak

Jumat, 23 Juni 2023 - 17:17 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com -  Kenyamanan layanan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi-Gilimanuk, Bali terus diperbaiki. Terbaru, satu dermaga di sisi Gilimanuk dirombak total. Dermaga ini, dinaikkan statusnya dari ponton menjadi mobile bridge (MB). Kapasitasnya juga dinaikkan, dari 30 ton menjadi 90 ton.

Perombakan dermaga ini diharapkan bisa mempercepat jadwal sandar di jalur Ketapang-Gilimanuk. Nantinya, dermaga baru ini bisa disandari kapal berukuran besar. Sehingga, proses bongkar muat kendaraan bisa lebih cepat, jumlah kendaraan yang diangkut juga lebih banyak.

"Pembangunan dermaga di Gilimanuk ini untuk menyeimbangkan layanan bongkar muat dengan Pelabuhan Ketapang. Selama ini terjadi ketimbangan," kata Dirut PT Indonesia Ferry (ASDP) Ira Puspadewi di sela ground breaking peningkatan dermaga ponton di Pelabuhan Gilimanuk, Jumat (23/6) siang.

Selama ini, jumlah dermaga MB di sisi Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi sebanyak empat titik. Pun dengan Pelabuhan Gilimanuk. Namun, kondisinya tak seimbang pada sisi Gilimanuk. Sebab, satu dermaganya kemampuannya terbatas, tak sebanding dengan Ketapang. 

"Jadi, targetnya dengan peningkatan kapasitas dermaga di Gilimanuk ini, nanti kapasitas bongkar muatnya akan seimbang dengan Ketapang," jelasnya.

Anggaran perombakan ini juga tak sedikit, mencapai Rp54 miliar. Mega proyek ini ditargetkan rampung hanya tujun bulan. Maksimal 31 November 2023. 

"Ini harus cepat selesai. Sebelum tahun baru harus selesai," tegas Ira.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral