Petugas BPBD Kendal memantau banjir dari posko.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Sungai Aji Meluap Akibat Hujan Deras dari Siang Hingga Petang, Banjir Landa Kaliwungu Kendal Puluhan Rumah Terendam

Senin, 7 November 2022 - 02:00 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Sejumlah wilayah di Kecamatan Kaliwungu Kendal Jawa Tengah terendam banjir akibat luapan air Sungai Aji. Air sungai meluap karena tak mampu menampung derasnya volume air hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal sejak Minggu (6/11) siang hingga petang.

Dalam rekaman video amatir milik warga, hujan deras mengguyur wilayah Kendal sejak Minggu (6/11/2022) siang hingga petang. Hujan deras mengakibatkan Sungai Aji di Kaliwungu meluap sehingga membuat jalan dan puluhan rumah warga terendam banjir.

Berdasarkan data dari BPBD Kendal, banjir terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan. Diantaranya di jalan raya Plantaran dan pantura Sumberejo, Sarirejo, dan Desa Nolokerto Kaliwungu, dengan ketinggian bervariasi.

BPBD Kendal mencatat, sedikitnya ada 56 rumah terendam banjir. Petugas bersama warga sudah membuat dapur umum, antara lain di Kampung Kewayuhan Desa Nolokerto Kaliwungu. 

Hingga Minggu (6/11/2022) malam, BPBD Kendal masih siaga menunggu laporan apabila ada wilayah yang membutuhkan dapur umum tambahan atau bantuan lainnya. 

"Kita siapkan dapur umum dan aksi darurat lainnya, terutama di pemukiman warga yang dijadikan pengungsian sementara," jelas Khairul Huda, petugas penanganan bencana BPBD Kendal.

Selain banjir, BPBD Kendal juga mencatat sedikitnya ada dua pohon roboh akibat hujan deras, yaitu di depan SMP Negeri Brangsong dan di depan Puskesmas Brangsong.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral