Walikota Semarang Gandeng Kota Sofia Bulgaria Kembangkan Transportasi Publik.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Walikota Semarang Gandeng Kota Sofia Bulgaria Kembangkan Transportasi Publik

Selasa, 28 Juni 2022 - 23:29 WIB

Jawa Tengah - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima kunjungan studi dari perwakilan Kota Sofia, Bulgaria. 

Walikota yang akrab disapa Hendi tersebut menjelaskan rencana program-program potensial yang dapat menjadi sasaran investor untuk menanamkan modalnya di kota Semarang.

“Kami menawarkan LRT dan juga trem. Kami juga tengah mengembangkan pengolahan sampah untuk energi listrik yang pada bulan Juli-Agustus akan mulai lelang investasi. Kita bisa menawarkan pada investor Semarang Expo Center yang sudah kita miliki. Ada Simpang Lima underground serta beberapa tempat wisata dan lain-lain,” ujarnya Selasa (28/6/2022).

Ia menyambut baik niat Kota Sofia untuk membangun kerja sama dengan Kota Semarang khususnya di bidang transportasi perkotaan berkelanjutan. 

"Salah satu tantangan yang tengah dihadapi Kota Semarang adalah pertumbuhan penduduk yang juga diikuti oleh pertumbuhan kendaraan bermotor dan mobil. Padahal proporsi wilayah untuk perluasan jalan, kecil kemungkinannya untuk ditambah," ungkap Hendi.

Jika dibiarkan, lanjutnya, jalan tidak bisa menampung lagi. Masyarakat haris diedukasi dan diberikan sosialisasi untuk menggunakan transportasi umum (BRT).

"Salah satu cara untuk menarik masyarakat dengan subsidi tarif, jadi jarak jauh-dekat tarifnya sama Rp 3.500," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral