Petugas saat memadamkan kebakaran di Blok E Rusunawa Sawah Besar, Kaligawe, Semarang, Senin (13/6/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Diduga Korsleting, Kebakaran Terjadi di Rusunawa Kaligawe Semarang

Senin, 13 Juni 2022 - 20:14 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kebakaran terjadi di salah satu blok Rusunawa Sawah Besar, Kelurahan Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (13/6/2022) sekira pukul 10.00 WIB. Peristiwa tersebut tepatnya berada di Blok E.

Kepala Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Trijoto menyampaikan, jika kebakaran ini bermula dari ruang panel listrik yang mengalami arus pendek hingga menimbulkan percikan api. Kemudian warga setempat mengetahui hal tersebut ketika melihat asap yang mengepul.

"Penyebabnya korsleting, lalu api timbul dan terjadilah kebakaran," ujarnya di lokasi kejadian.

Mengetahui ada api muncul, warga langsung melaporkan temuan itu dan Damkar Kota Semarang langsung terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan dan pengamanan agar api tak cepat merambat ke bangunan lainnya.

"Begitu dapat laporan kami langsung ke sana," katanya.

Disisi lain, Trijoto menambahkan, di ruangan panel pusat kebakaran itu terdapat banyak barang warga. Padahal menurut Trijoto, panel listrik seharusnya steril dan tidak sesak.

"Tadi langsung kami sterilkan. Barang-barang dikeluarkan," paparnya.

Dalam upaya penanganan kebakaran ini, Damkar Kota Semarang menurunkan 1 armada dengan 5 anggota. Pantauan di lokasi pada pukul 11.00 WIB, api kebakaran sudah berhasil dipadamkan oleh Damkar Kota Semarang.

Sementara Mudayat (51), ketua RT 4 RW 8 menjelaskan kebakaran diketahui oleh warga saat melihat adanya asap yang mengepul di salah satu ruangan di blok E. Di ruangan panel itu, sempat terdengar suara ledakan yang diduga lantaran hubung singkat.

Warga sempat terkejut saat terjadi kebakaran. Namun beruntung Damkar bisa segera datang dan kerugian yang lebih besar bisa dicegah.

"Memang kenanya di ruang panel. Beruntung warga langsung memadamkan dengan menggunakan apart sambil menghubungi Pemadam dan PLN," bebernya.

Ia juga mengakui di ruangan tersebut memang terdapat cukup banyak barang-barang warga yang ditinggal di tempat tersebut. Akan tetapi beruntung api tidak cepat menjalar karena sisi-sisi ruangan itu adalah tembok dan besi.

"Tidak ada warga yang luka maupun korban jiwa. Seharusnya ruangannya steril. Aslinya barang itu transit terus dipindahkan. Mungkin orangnya lagi sibuk sampai lupa memindahkan," imbuhnya.(Dcz/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral