ikan gapetan yang ada di kawasan Pantai Surumanis..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Lezatnya Ikan Gapetan Kuah Mangut di Pantai Surumanis

Sabtu, 26 Februari 2022 - 20:27 WIB

Kebumen, Jawa Tengah – Bagi Anda yang mengaku pencinta kuliner Indonesia, mungkin bisa mencoba menu kuliner unik yang satu ini. Ikan gapetan kuah mangut, sebuah menu ikan yang dapat ditemui di warung makan yang berada di Pantai Surumanis, Kebumen, Jawa Tengah.

Pesisir selatan Kebumen, Jawa Tengah tak hanya menawarkan keindahan wisata alam semata, melainkan juga kuliner unik nan lezat. Salah satunya adalah  kuliner ikan gapetan. Sesuai dengan namanya, ikan gapetan adalah menu olahan ikan laut yang diasap dan dijepit dengan menggunakan bambu. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan manyung. Ikan ini kemudian dimasak dengan kuah santan yang dipadukan dengan rempah-rempah. Rasanya gurih, manis, dan asin berpadu menjadi satu.

Proses memasaknya sederhana, cukup siapkan bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas, kunyit, serai, daun jeruk, salam, kemiri, dan tomat. Haluskan bumbu-bumbu tersebut sebelum ditumis hingga matang. Langkah selanjutnya adalah memasukan air dan santan. Kemudian ikan gapetan dimasukkan ke dalam wajan dan dimasak dengan api sedang. Diamkan sejenak hingga bumbu meresap pada ikan, angkat, dan ikan gapetan siap untuk dinikmati.

"Hmm..rasanya bener-bener memanjakan lidah saya. Unik rasanya. Bumbu kuah rempahnya meresap ke daging ikan. Terus, aroma asap pada daging menambah cita rasa beda dari ikan gapetan ini," ujar Puput, salah satu pengunjung.

Menu gapetan ikan manyung ini merupakan menu unik khas Pesisir Pantai Kebumen yang dapat ditemui kawasan Pantai Surumanis. Satu porsinya diberi harga Rp. 25.000. (Wahyu Kurniawan/Ard)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral