Aliansi Petani Purworejo Selatan, saat gelar aksi di DPRD Kabupaten Purworejo, Senin (21/2/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Alinasi Petani Demo di DPRD Purworejo, Dukung Proyek Bendungan Bener

Senin, 21 Februari 2022 - 19:26 WIB

Purworejo - Permasalahan proyek Bendungan Bener, yang dipicu kericuhan di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mendapat perhatian para petani di wilayah Kecamatan Ngombol, Purwodadi dan Bagelen yang akan menerima manfaat dari proyek bendungan tertinggi di Indonesia itu.

Membawa rombongan sekitar 1.500 orang, para petani yang tergabung dalam Aliansi Petani Purworejo Selatan, menggelar unjuk rasa di gedung DPRD Kabupaten Purworejo, Senin (21/2/2022). Mereka menyatakan mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener.

"Kami mendukung PSN Bendungan Bener. Harapan kami agar pembangunan bendungan terus berjalan hingga selesai," kata koordiantor aksi Aliansi Petani Purworejo Selatan, Kun Topik Ali Akbar saat berorasi dari mobil komando.

Para perwakilan petani  ini kemudian diterima oleh Ketua DPRD, Dion Agasi Setiabudi, Wakil Ketua Kelik Soesilo Ardani dan Fran Suharmaji. Dihadapan para pimpinan DPRD para petani menyampaikan tuntutannya.

"Pada mata tanam satu, kami  sulit memperoleh air, desa saya juga sering banjir. Kami minta PSN Bendungan Bener segera diselesaikan. Jika sudah jadi, bisa mengendalikan banjir di wilayah kami," kata Heru Widodo dari Kelompok Tani Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen.

Menurut Heru, Desa Dadirejo dan beberapa desa lain di sekitarnya memang menjadi langganan banjir luapan Sungai Bogowonto. Karena itu mereka berharap bendungan tersebut dapat mengambil air dari Sungai Bogowonto sehingga mampu mengendalikan banjir di desa mereka.

Dalam pertemuan ini para petani juga sempat curhat bagaimana di media sosial dan pemberitaan yang terpublikasi hanya warga Wadas yang menolak tambang. Warga yang mendukung proyek Bendungan Bener sama sekali tidak dipublikasi. Mereka takut, jika yang diberitakan gencar hanya masalah penolakan tambang oleh sebagian warga Wadas, pembangunan bendungan akan terganggu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral