Suasana panggung konser hari pertama Dieng Culture Festival 2024..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Dieng Culture Festival 2024, Penonton Terkesima dengan Sendratari Ruwat Rambut Gimbal Ternyata Begini Awal Mula Kisahnya

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 10:01 WIB

BanjarnegaratvOnenews.com – Dieng Culture Festival (DCF) 2024 hari pertama, Jumat (23/8/2024), telah berakhir dengan berbagai rangkaian acara yang memikat di dua lokasi utama.

Lokasi tersebut yaitu berada di lapangan Candi Arjuna dan lapangan Pandawa. Di venue Arjuna, pengunjung disajikan pertunjukan seni budaya, sementara di venue Pandawa diadakan upacara kebudayaan dengan tajuk Cultural Ceremony.

Salah satu pertunjukan yang menarik perhatian adalah Sendratari Ruwat Rambut Gimbal, sebuah tarian yang dibawakan oleh Sanggar Tari Tiara Banjarnegara. Sendratari ini mengisahkan tentang asal-usul anak-anak berambut gimbal di Dataran Tinggi Dieng.

Kisah bermula dari seorang punggawa dari Mataram bernama Ki Demang Rewok yang mencari kedamaian dengan bertapa di Dieng. Saat bertapa, ia diganggu oleh raksasa, namun berhasil mengalahkan mereka dengan kesaktiannya.

Ki Demang kemudian menitiskan jiwanya ke anak-anak Dieng yang memiliki rambut gimbal melalui sosok Kaladete, dengan kepercayaan bahwa anak-anak berambut gimbal akan membawa kemakmuran bagi Dieng.

Kaladete kemudian ditugaskan untuk menjaga dan mencintai anak-anak berambut gimbal tersebut. Untuk menghilangkan rambut gimbal, anak-anak tersebut harus menjalani ritual ruwat dengan syarat permintaan mereka harus dipenuhi.

Kisah ini ditampilkan melalui gerakan tari yang diiringi musik gamelan, menggambarkan mulai dari saat Ki Demang Rewok berpamitan dengan istrinya hingga proses ritual pencukuran rambut gimbal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral