Pengurus Ponpes Madinatul Quran Winong, Kabupaten Pati mengecek tandon air..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Terdampak Kekeringan, Santri Pondok Pesantren di Pati Kesulitan Air Bersih

Selasa, 20 Agustus 2024 - 17:39 WIB

Pati, tvOnenews.com - Kekeringan yang melanda Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dalam sebulan terakhir berdampak pada kehidupan sehari-hari warga. Tidak hanya warga di belasan pedesaan, kekeringan juga dirasakan para santri di pondok pesantren.

Seperti di Pondok Pesantren Madinatul Quran, Dukuh Pecangaan, Desa Winong, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati.

Dampak kekeringan membuat sumber mata air di lingkungan pondok pesantren tersebut juga ikut mengering. Kondisi ini membuat santri pria dan santri wanita di ponpes Madinatul Quran mulai berhemat air.

Salah seorang seorang santri Ponpes Madinatul Quran kelas 12, Kholilatur Rosyidah, mengungkapkan mereka memilih untuk mandi satu kali dalam sehari dan mencuci pakaian tiga hari sekali.

“Pas kekeringan seperti saat ini ya kalau mandi sehari satu kali, kalau pas nggak musim kemarau biasanya sehari dua kali. kalau wudhu juga agak sulit. Terus kalau mau cuci baju nggak bisa satu hari sekali. Kalau cuci ya tiga hari sekali atau seminggu sekali,” kata Kholilatur Rosyidah, Selasa (20/8/2024). 

Rosyidah berharap kemarau tidak berkepanjangan, dan ada bantuan air bersih dari pemerintah maupun donatur untuk mencukupi kebutuhan air di lingkungan ponpesnya.

“Harapannya kekeringan bisa cepat selesai. Semoga dapat bantuan air bersih dari pemerintah,” harap dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral