Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat melayani perekaman KTP elektronik di desa. ANTARA/HO-Disdukcapil.
Sumber :
  • Antara

Jelang Pilkada 2024, Disdukcapil Kudus Genjot Perekaman KTP-el di Desa

Selasa, 9 Juli 2024 - 08:50 WIB

Kudus, tvonenews.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggenjot perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) menjelang Pilkada 2024.

Perekaman khususnya untuk pemilih pemula dengan membuka layanan di desa-desa untuk mendukung kelancaran Pilkada Serentak tersebut.

"Sebelumnya, kami memang menyasar ke sekolah-sekolah. Akan tetapi, hasilnya kurang efektif sehingga kami cari solusi terbaik untuk menggenjot capaian perekaman KTP dengan membuka layanan di desa-desa," kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kudus Tulus Tri Yatmika di Kudus, Senin (8/7/2024).

Tulus mengungkapkan bahwa layanan perekaman KTP-el terhadap pemilih pemula di sekolah memang kurang maksimal, mengingat banyak pelajar menginginkan foto di KTP-nya dengan pakaian sesuai keinginan mereka, bukan pakai seragam sekolah.

Apalagi, kata dia, foto KTP tersebut dipakai selama seumur hidup sehingga mereka menginginkan adanya layanan di luar jam sekolah.

Untuk itulah, lanjut dia, dibuka layanan secara bergiliran ke desa-desa mulai pukul 14.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Untuk mendatangkan pemilih pemula yang menjadi sasaran perekaman, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah desa setempat untuk mengundang mereka sesuai dengan nama dan alamat yang tertera.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral