Presiden Joko Widodo saat mengecek proyek penanganan banjir di wilayah Pesisir Utara, Senin (17/6/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Presiden Jokowi Cek Proyek Penanganan Banjir untuk Wilayah Pesisir Utara

Senin, 17 Juni 2024 - 16:16 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Presiden RI, Joko Widodo mengecek proyek penanganan banjir untuk wilayah Pesisir Utara, Senin (17/6/2024).

Presiden Jokowi dalam kegiatan itu didampingi oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi dan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. 

Lokasi proyek Tanggul Laut atau Sheet Pile ini terletak di Kampung Nelayan Tambaklorok, Kecamatan Semarang Utara. Dinding yang dibangun sepanjang 3,6 kilometer dengan anggaran Rp. 386 miliar ini diharapkan mampu menangani dan mencegah luapan air laut ke wilayah pesisir. 

“Kawasan kampung nelayan di Tambaklorok yang panjangnya untuk tanggul rob ini 3,6 kilo. Sepanjang 3,6 kilo untuk pengendalian rob yang ada di Tambaklorok dan juga penataan kampung nelayan,” ujar Presiden RI, Joko Widodo.

Jokowi berharap, infrastruktur ini mampu bertahan dalam waktu yang panjang. Ia juga menyebut jika proyek ini bisa menjadi percontohan untuk wilayah lain dalam menangani atau mengendalikan banjir rob. 

“Saya kira dalam jangka 30 tahun minimal bisa menahan rob yang terjadi. Akan selesai bulan Agustus. Ini nanti kalau baik, penataan kampung nelayan baik, nanti akan dijadikan bisa di replikasi, bisa dicopy (dicontoh) daerah lain. Paling ndak ada contoh dulu,” jelasnya. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek ini dibangun dengan luas lahan 56 hektar. Selain pembangunan tanggul, terdapat juga rumah pompa untuk memaksimalkan pengendalian banjir di wilayah pesisir. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral