Anak-anak karate mengikuti Kirab Hari Lahir Pancasila di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah..
Sumber :
  • tim tvOne - Indratno Eprillianto

Peringati Hari Lahir Pancasila, Anak-anak Karate di Klaten Kirab Keliling Kampung

Sabtu, 1 Juni 2024 - 17:52 WIB

Klaten, tvOnenews.com - Beragam cara dilakukan untuk memeringati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Salah satunya adalah kirab mengelilingi kampung ,seperti yang dilakukan anak-anak karate di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten Jawa Tengah.

Kegiatan menyambut Hari Lahir Pancasila diawali dengan berlatih karate pada Jumat (31/05/2024) sore kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta. 

Usai membaca teks Pancasila, peserta membentuk barisan. Peserta paling depan membawa gambar Garuda Pancasila yang diapit gambar Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta. Sementara itu, barisan di belakangnya kompak membawa bendera merah putih.

Selanjutnya, peserta berjalan kaki keliling kampung. Sepanjang perjalanan, peserta menyanyikan lagu nasional Garuda Pancasila. Kirab diakhiri dengan pengibaran bendera merah putih.

Penyelenggara Kirab Pancasila, Asim Sulistyo menjelaskan bahwa kirab Hari Lahir Pancasila diikuti puluhan pelajar khususnya anak-anak yang tergabung dalam kegiatan beladiri Institut Karate-Do Indonesia (INKAI). Tujuannya mengajak generasi muda pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila wajib ditanamkan sejak dini sebagai antisipasi munculnya peristiwa-peristiwa yang tidak terpuji seperti perundungan di kalangan pelajar, tawuran, hingga geng motor.

"Hari Lahir Pancasila harus diperingati karena untuk anak-anak agar mengingat dan mampu menjaga NKRI karena Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral