Sajian Kopi di Salah Satu Kedai Kopi Kota Lama, Semarang.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Yuk! Ngopi Asyik di Kawasan Heritage Kota Lama Semarang

Kamis, 6 Januari 2022 - 15:43 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Setelah dilakukan restorasi besar-besaran, Kota Lama Semarang kini jauh lebih bersih dan tertata. Bangunan tua yang dulu nyaris tak terurus karena biaya perawatan yang mahal, kini sudah dimanfaatkan lagi untuk berbagai usaha yang berkaitan dengan wisata. Salah satunya adalah kafe

 

Dari awalnya hanya satu dua kafe saja, kini di kawasan Kota Lama Semarang, sudah ada puluhan kafe. Paling banyak adalah kedai atau warung kopi. Mereka memanfaatkan tampilan klasik bangunan tua yang kemudian dibenahi dan didesain begitu rupa, sehingga berkesan vintage.

 

Menurut salah satu pengelola kafe di Kota Lama, Jessie Setiawati, mendesain kafe dengan bangunan utamanya gedung tua tidaklah mudah. Karena sebagian besar bangunan di Kota Lama adalah cagar budaya.

 

"Yang kita lakukan adalah desain tampilan luar tetap dengan ciri khas aslinya, yang bagian dalam kita desain dengan beberapa dekorasi. Maka, kafe kita beri nama Tekodeko. Dari kata teko yang artinya ceret untuk menuang kopi, dan deko artinya dekorasi," jelas Jessie.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral