Warga terlihat antusias menonton proses penerbangan balon raksasa..
Sumber :
  • tim tvOne - Sonik Jatmiko

Indahnya Puluhan Balon Udara Hiasi Langit Banyumas Pagi Ini

Minggu, 26 Mei 2024 - 17:24 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Puluhan balon udara berukuran besar menghiasi langit Kabupaten Banyumas, Minggu (26/5/2024). Event ini digelar dengan tajuk "Festival Balon Udara Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto 2024".

Ketua panitia penyelenggara, Wildan Aji Saputra mengatakan, festival digelar kali kedua untuk merayakan Milad ke-59 Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto. Balon penuh hiasan, diterbangkan mulai pukul 05.30 sampai 07.00 WIB.

"Acara ini menghadirkan penerbangan balon udara yang melibatkan 30 peserta dari Komunitas Balon Udara Wonosobo," katanya.

Sementara itu, sejumlah petugas PLN terlihat bersiaga di tempat acara. Mereka memastikan, semua balon terikat dan tidak dilepaskan untuk mencegah balon mengenai jaringan listrik.

"Kebetulan, di dekat area ini, ada SUTT 70 kV Kalibakal-Ketenger, juga Gardu Induk (GI) Kalibakal arah Bumiayu dan Rawalo. Itu kalau balon lepas bisa mengenai transmisi dan menyebabkan gangguan," ujar Manajer PLN Unit Layanan Transimisi & Gardu Induk (ULTG) Purwokerto, Azwar Haris di lokasi acara.

Jauh sebelum acara digelar, pihak PLN sudah berkoordinasi dengan penyelenggara. Intinya, PLN mendukung kegiatan ini, namun ada hal-hal yang perlu disepakati, utamanya, balon udara tidak boleh dilepas.

"Artinya, harus diikat agar tidak mengganggu instalasi transmisi listirk. Nantinya, ada kerugian ekonomi. Salah satunya listrik padam, sehingga aktivitas ekonomi warga," tandasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral