Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Daftar Calon Tetap 687 Anggota DPRD Kota Semarang Ditetapkan KPU

Selasa, 7 November 2023 - 10:25 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jawa Tengah telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Kota Semarang. Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, ada 687 orang yang ditetapkan dalam DCT dan akan berkontestasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ratusan orang yang ditetapkan menjadi calon tetap anggota DPRD Kota Semarang sudah memenuhi syarat. Semua calon juga sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Bahkan pihaknya langsung berangkat ke KPU RI untuk melakukan finalisasi desain surat suara DPRD Kota Semarang.

"Selanjutnya, proses pencetakan surat suara. Pencetakan dari KPU RI. Kami finalisasi ke KPU RI," ujarnya, Senin (6/11/2023).

Pasca penetapan DCT pemilu 2024, pihaknya telah melakukan finalisasi dummy. KPU meminta semua parpol turut mengecek dummy. Seluruh partai pun telah menandatangani desain atau dummy surat suara.

"Kami minta cek dulu nama-nama sampai titik, koma, dan title (gelar). Dengan mereka telah menandatangani, itu dasar kami untuk menyatakan bahwa parpol setuju dengan desain surat suara. Hasil itu kami scan. Kami bawa ke Jakarta," jelasnya.

Sementara mengenai kabar adanya bacaleg yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN), sudah mengundurkan diri. Ia menyebut Bawaslu sempat memberikan masukan kepada KPU terkait adanya bacaleg yang berprofesi sebagai ASN. Kemudian, pihaknya melakukan klarifikasi ke partai politik (parpol) bersangkutan.

"Kami klarifikasi ke pimpinan partai. Kalau mau nyaleg ada hal yang harus dilengkapi. Kalau tidak, harus ada penggantian. Akhirnya, dia (bacaleg ASN) memutuskan mengundurkan diri (dari ASN)," paparnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral