Prosesi jamasan pusaka peninggalan Ki Ageng Pandanaran di Kabupaten Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Tradisi Jamasan Pusaka Peninggalan Ki Ageng Pandanaran dengan Air Perwitasari

Kamis, 16 Maret 2023 - 15:32 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memiliki sejumlah warisan budaya salah satunya adalah tradisi jamasan pusaka, dimana pusaka tersebut merupakan peninggalan dari Ki Ageng Pandanaran yang merupakan tokoh penyebar agama Islam, sekaligus menjadi Bupati pertama Semarang. 

Ada 6 pusaka peninggalan Ki Ageng Pandanaran yang hingga saat ini masih terawat dengan baik dan berada di rumah dinas Bupati Semarang. 6 pusaka tersebut terdiri dari 1 bilah tombak dan 2 trisula dan 3 keris.

Guna menjaga warisan leluhur yang telah berusia ratusan tahun agar tidak rusak, Pemkab Semarang setiap tahunnya selalu mengadakan jamasan pusaka yang dilakukan setiap Hari Jadi Kabupaten Semarang, untuk mencuci dan merawat benda benda pusaka tersebut agar tetap dalam kondisi baik. 

Enam pusaka peninggalan Ki Ageng Pandanaran ini dijamas dengan menggunakan air perwitasari dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang. Sebelum digunakan air perwitasari dikirab terlebih dahulu dalam Kirab Merti Bumi dari Kecamatan Kaliwungu menuju Rumah Dinas Bupati Semarang, Ungaran.

Sebelum prosesi dilakukan, rombongan pembawa air perwitasari dan juga gunungan berupa hasil bumi diserahkan kepada Bupati Semarang. Dimana air perwitasari yang nantinya digunakan untuk menjamas enam pusaka tersebut diserahkan. Kemudian Bupati Semarang juga melakukan pelepasan burung bersama para pemangku adat.

Salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Semarang Sutikno mengatakan, prosesi adat jamasan dilaksanakan di Pendopo dengan khidmat. Seluruh pemangku adat dan pamong budaya ikut serta menyaksikan dan melakukan jamasan pusaka.

“Jamasan pusaka kali ini sungguh luar biasa, kerena didukung para masyarakat secara antusias. Terutama antusias untuk memahami simbol-simbol yang adiluhung,” ungkap Sutikno  Rabu (15/3/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral