Kapal Klotok..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Bernostalgia dengan Kapal Klotok, Mainan Jadul Berbahan Bakar Minyak Kelapa yang Masih Eksis

Kamis, 16 Maret 2023 - 10:04 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Masih ingat dengan mainan kapal jadul berbahan bakar minyak kelapa? Masihkah ada yang menjualnya di tengah gempuran mainan serba pabrikan sekarang ini?

Jawabnya, masih. Dan tetap tegap bertahan dengan cara dan pasarnya yang khas dan otentik. 

Mainan ini populer disebut kapal klotok. Karena bunyinya yang klotok-klotok saat berjalan di air. Bunyi itu berasal dari knalpot yang terdorong oleh gelembung air akibat uap yang dihasilkan oleh pembakaran minyak kelapa di dalam kapal-kapalan tersebut.

Banyak penjual kapal klotok ini di arena Pekan Dugderan jelang Ramadhan, Aloon-Aloon Kota Semarang 2023. Acara tersebut digelar hingga sehari jelang masuknya bulan Ramadan yang akan datang. Ada belasan penjual kapal klotok di sini. Mereka menatanya di meja, dan salah satu kapalnya dihidupkan dan berjalan dalam wadah panci yang diisi air.

Kapal klotok ukurannya sekitar 15 cm dan lebar 5 cm. Warnanya macam-macam, tetapi kebanyakan berwarna merah. Terbuat dari seng yang dibentuk menjadi kapal-kapalan.

"Ini mainan jaman dulu, saya dan teman-teman masih bisa kok menjualnya. Tapi caranya memang tidak bisa dijual seperti biasa. Kita mengikuti jadwal orang yang punya rombongan pasar malam. Di mana mereka buka, kita ikut berjualan di situ karena pasti pengunjungnya banyak, dan membeli mainan yang jarang ada di tempat lain," jelas Kamin, penjual kapal klotok di Arena Dugderan Semarang 2023.

Menurutnya, mainan ini masih menarik karena bunyi klotok-klotok dan dimainkan di air. Sehingga banyak anak-anak yang tertarik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral